hosting indonesia

10 Emulator Android Terbaik dan Ringan untuk PC/Laptop

WndsLITE - Android merupakan sistem operasi open source yang berbasis Linux dan dirancang untuk smartphone. Sekarang, Android menjadi sistem operasi yang paling banyak diminati oleh semua kalangan. Dikarenakan Google (Pengembang) lebih berfokus dalam memberikan pengalaman terbaik kepada penggunaya.
Emulator Android Terbaik
Emulator Android Terbaik

Ternyata, untuk mengoperasikan sistem operasi tersebut tidak harus menggunakan smartphone saja. Namun dapat juga bisa berjalan di PC maupun Laptop dengan menginstall sebuah software emulator. Dengan emulator kalian dapat merasakan sensasi tersendiri dibandingkan dengan smartphone langsung, seperti bermain game dengan mouse dan keyboard.

Jika kalian adalah seorang developer, kalian dapat dengan mudah menguji secara langsung Aplikasi yang kalian kerjakan. Gamer pun juga turut dimanjakan dengan main game Android di PC secara nyaman. Apapun tujuan kalian, emulator Android ini akan memudahkan pengguna PC dan Android dalam melakukan suatu hal.

Di Internet terdapat banyak pilihan software emulator Android yang dapat diunduh. Apabila kalian binggung memilihnya, tenang Admin telah merangkum 10 Emulator Android ringan berbasis Windows yang dapat kalian coba. Masing-masing software tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, kalian dapat memilih sesuai kebutuhan aja ya. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

10 EMULATOR ANDROID TERBAIK DAN RINGAN UNTUK PC DI TAHUN 2018

1. NOX APP PLAYER

NOX APP PLAYER

Nox Player adalah emulator gratis yang banyak digunakan oleh kalangan gamer di dunia. Fitur yang dimilikinya juga sangat lengkap dan mendukung gamer saat bermain game dengan mulus tanpa hambatan. Dengan emulator tersebut kalian dapat main game dengan menggunakan mouse dan keyboard, bahkan jika kalian punya joystick/gamepad bisa digunakan disini.

Salah satu keunggalannya adalah tampilan yang terkesan simple dan bersih, sehingga akan terasa nyaman ketika menjalankan fitur-fiturnya. Tak hanya Windows, buat kalian pengguna Mac (Aliansi Steve Jobs) juga bisa merasakan keseruannya. Dikarenakan Nox Player telah kompitabel dengan Mac.

Kelebihan:
  • Mulus tanpa hambatan dalam bermain Game
  • Mendukung Windows dan Mac
  • Mendukung Joystick atau Gamepad
Kelemahan:
-

2. MEmu - Android Emulator

MEmu Android Emulator

Walaupun terdengar aneh, MEmu memiliki peforma yang luar biasa dalam hal emulator Android. Emulator ini juga telah mendukung beberapa versi Android, antara lain Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop. Kompitabilitas dengan prosesor Intel dan AMD membuat MEmu menjadi pilihan alternatif emulator Android, baik untuk main game maupun produktivitas. Dukungan forum dapat membantu kalian menangani beberapa masalah, info update, dan berita secara langsung dari Official MEmu.

Bagi kalian yang mencari emulator paling ringan, cepat, dan bersahabat. MEmu adalah jawabaannya, karena dapat berjalan walau spesifikasi PC rendah.

Kelebihan:
  • Tidak memakan resource banyak
  • Mendukung prosesor Intel dan AMD
  • Mendukung beberapa versi Android
Kelemahan:
-

3. BLUESTACK 2

BlueStack 2

Paling Populer dan Terkenal! BlueStack adalah salah satu emulator Android yang telah ada sejak lama, dirilis pada tahun 2011. Tercatat emulator ini paling banyak digunakan di seluruh dunia, karena sering melakukan update dalam peningkatan peforma. Kalian dapat mendownloadnya di website resmi mereka, ada 2 pilihan pemasangan yaitu online dan offline installer. Pilih sesuai keadaan kalian sob!

Uniknya, jika dilakukan ujicoba benchmark BlueStack dapat menyaingi skor smartphone flagship saat ini. Nah, agar peformanya stabil dan cepat, disarankan minimal RAM kalian adalah 2GB (semakin tinggi lebih baik).

Kelebihan:
  • Instalasi yang mudah
  • Mendukung multi-tasking aplikasi
  • Emulator Android paling populer saat ini
Kelemahan:
  • Membutuhkan spesifikasi PC yang mumpuni
  • Kinerja kurang baik di low end PC

4. ANDROID STUDIO

Android Studio

Emulator Android ini sangat berguna bagi kalian para developer. Android Studio merupakan pemograman Android resmi berlisensi dari Google. Sebelum emulator tersebut ada, programmer Android menggunakan software Eclipse. Akan tetapi pada tahun 2013, Google telah berpaling dari Eclipse dan kemudian pindah ke Android Studio sebagai ide resminya.

Android Studio dipilih karena banyaknya fitur yang dapat memudahkan para developer level awal dalam mengenal Android, seperti instant run dan editor kode cerdas. Namun, emulator tersebut cukup memakan penggunaan RAM dari PC kalian. Ingat Android Studio bukan pilihan terbaik bagi kalian yang bertujuan untuk main game, sosial media, dan lain lain.

Kelebihan:
  • Membantu Programmer
  • Dukungan dari Google
Kelemahan:
  • Perlu keahliaan coding
  • Memakan RAM yang cukup besar

5. REMIX OS PLAYER

Remix OS Player 

Remix OS Player adalah emulator Android yang masih terbilang baru karena belum lama rilis. Dikembangkan oleh Jide, Remix OS Player akan membantu kalian dalam menjalankan Aplikasi Android di Windows. Selain itu Remix OS Player juga telah mendukung versi Android hingga Marshmallow, akan tetapi kabar buruk menyelimuti bagi pengguna CPU AMD (tidak support). Walaupun emulator ini cukup berat, akan terbayar dengan tampilan yang super keren pokoknya!

Kelebihan:
  • Tampilan keren
  • Mendukung versi Android Terbaru
  • Gratis
Kelemahan:
  • Belum support CPU AMD
  • Cukup berat

Selain dari 5 emulator Android Terbaik diatas, kalian perlu bisa mencoba alternatif emulator dibawah ini dengan fitur-fitur yang tak kalah menarik pastinya! Antara lain: Andy, Droid4X, AMIDuOS, Leapdroid - Android Emulator, dan KOPLAYER.

AKHIR KATA

Yups, Itulah 5 rekomendasi emulator Android terbaik dan ringan untuk PC/Laptop berbasis Windows. Kondisi mulus dan tidaknya tergantung dari spesifikasi PC dan aplikasi yang kalian gunakan. Bagi komputer spek kentang, Admin menyarankan untuk menggunakan emulator MEmu karena dinilai ringan dan paling cepat dikelasnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan mengenai emulator, lalu jangan lupa tinggalkan jejak emulator Android favorit kalian di komentar. Terimakasih telah berkunjung!

Related Posts:

0 Response to "10 Emulator Android Terbaik dan Ringan untuk PC/Laptop"

Post a Comment

Note: Jangan buang waktu kalian untuk melakukan spam di sini :)